PT Indofood Sukses Makmur
Tbk merupakan produsen berbagai jenis makanan dan minuman terkemuka. Produk
yang dihasilkan perusahaan terbagi dalam 4 grup yaitu, CPB (Customer Branded Product), Bogasari, agribisnis, dan distribusi. PT
Indofood Suskses Makmur merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang industry
makanan dan minuman terbesar diindonesia yang yang cikal bakalnya berasal dari
:
Tahun
|
Kejadian
|
1968
|
PT Lima Satu Sankyu
(selanjutnya berganti nama menjadi PT Supermi Indonesia) didirikan, pertama
kali memproduksi Supermi sebagai
mi instan pertama di Indonesia.
|
1970
|
PT Sanmaru Foods Manufacturing Co Ltd (PT Sanmaru)
didirikan sebagai salah satu anak perusahaan Jangkar Jati Group.
|
1972
|
|
1982
|
|
1984
|
PT Sarimi Asli Jaya
diakuisisi oleh PT Sanmaru dan bersama dengan Salim Group membentuk perusahaan dengan nama PT Indofood
Interna Corporation.
|
1986
|
PT Supermi Indonesia diakuisisi oleh PT Indofood
Interna Corporation melalui anak perusahaannya PT Lambang Insan Makmur.
|
1987
|
|
1989
|
PT Sanmaru mengakuisi PT Sari Pangan Nusantara, yang
memproduksi makanan bayi bermerek SUN.
|
1990
|
PT Sanmaru membangun perusahaan bekerja sama dengan PepsiCo,
Inc yang memiliki merek FritoLay yang pada tahun 1994 bernama PT Indofood
Fritolay Makmur dan mulai memproduksi makanan ringan seperti Chitato, Chiki,
Cheetos dan Jetz yang kemudian pada tahun 2000an disusul dengan Lay's dan
Qtela.
|
1990
|
|
1992
|
PT Sanmaru melalui anak perusahaan Jangkar Jati
Group diambil alih seluruh sahamnya oleh Salim Group.
|
1993
|
PT Panganjaya Intikusuma dan PT Sanmaru membentuk
perseroan dengan nama PT Indomie Sukses Makmur Tbk.
|
1994
|
PT Panganjaya Intikusuma berubah nama menjadi PT Indofood
Sukses Makmur Tbk.
|
Setelah perusahaan tersebut
mengubah nama perusahaannya menjadi PT Indofood Suskes Makmur Tbk lalu pada
tahun :
2005
|
PT Indosentra Pelangi sebagai produsen bumbu, kecap
dan sambal bermerek Indofood membentuk perusahaan kerja sama dengan Nestlé
bernama PT Nestlé Indofood Citarasa Indonesia, sehingga menghasilkan produk yang sangat
luar biasa.
|
2007
|
Mencatatkan saham Grup Agribisnis di Bursa Efek
Singapura dan menempatkan saham baru.
|
2009
|
PT. Indofood CBP Sukses Makmur dan pemekaran
kegiatan usaha mi instan, makanan ringan, produk-produk kecap dll yang
diikuti dengan penggabungan usaha seluruh anak perusahaan di Grup Produk
Konsumen Bermerek (CBP), yang seluruh sahamnya dimiliki oleh Perseroan, ke
dalam ICBP.
|
2010
|
Peningkatan kepemilikan di Pacsari Pte. Ltd sebesar
10% menjadi pemilik 100%.
|
2011
|
Pada bulan Januari 2011, PT Indofood CBP Sukses
Makmur, PT Gizindo Primanusantara, PT Indosentra Pelangi, PT Indobiskuit
Mandiri Makmur dan PT Ciptakemas Abadi digabung sepenuhnya dengan status
perusahaan terbuka (Tbk.) menjadi PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk.
|
2012
|
salah satu produk mi instan dari Indofood yaitu Indomie,
menyelenggarakan program ulang tahunnya yang ke-40 tahun, pada bulan Agustus
2012 di Jakarta.
|
2013
|
|
2014
|
Indofood masuk ke bisnis minuman bernama Indofood
Asahi dan mulai mengimpor dua merek minuman dari Malaysia, yaitu Ichi Ocha
dan Caféla Latte dan mengakuisisi merek air mineral Club dari PT Tirta
Bahagia.
|
Nah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang semakin hari semakin banyak
peminatnya kini PT Indofood mempunyai distribusi di seluruh Indonesia. Hal ini
bertujuan agar produk yang dihasilkan cukup didistribusikan ke wilayah sekitar
kota dimana pabrik berada, sehingga produk dapat diterima oleh konsumen dalam
keadaan segar serta membantu program pemerintah melalui pemerataan tenaga kerja
lokal.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar